Pemkab Mesuji Lakukan Inovasi Perizinan secara Online

MESUJI. Terkait dengan percepatan berusaha sebagaimana amanah peraturan presiden nomor 91 tahun 2017, pemerintah kabupaten Mesuji melakukan beberapa inovasi yang salah satunya adalah E-PTSP, yakni sistem permohonan perizinan melalui sistem online.

Disampaikan oleh kepala bidang Perizinan dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap kabupaten Mesuji Putrawan JP kepada awak media Haluan Lampung di ruang kerjanya (09/04/2018) bahwa masyarakat Mesuji nantinya dalam melakukan perizinan cukup dari rumah atau kantor masing-masing dengan mengunakan smart phone atau komputer.

Lebih lanjut pria yang disapa Putra ini menambahkan bahwa sistem yang dipakai adalah SI CANTIK dari kementerian Komunikasi dan Informasi yang sudah ditunjuk pemerintah sebagai platform perizinan daerah dan nasional.

“Si Cantik I Cloud adalah aplikasi yang disediakan kominfo dalam rangka memenuhi Permendagri nomor 38 tahun 2017 tentang PTSP serta arahan dan anjuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa E-PTSP harus segera diwujudkan oleh seluruh kabupaten / kota di Indonesia. Versi yang dipakai saat ini adalah versi 5 (lima) yakni versi tercanggih sehingga dapat memuat seluruh perizinan di Indonesia dan kita menggunakan aplikasi ini sebagai jalan E-PTSP di kabupaten Mesuji” tutur Putra.

Ketika ditanyakan jenis perizinan yang dimaksud, Putra menjelaskan bahwa ada 27 item perizinan dan 5 item non perizinan yang akan akan dimasukkan dalam E-PTSP kabupaten Mesuji dan semua Gratis atau biaya Rp. 0,- (nol rupiah), kecuali yang ditetapkan dalam peraturan daerah sebagaimana diatur dalam Undang Undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah.

“Saat ini sedang kita lakukan perubahan pendelegasian wewenang sejumlah 27 perizinan dan 5 non perizinan sebab masih ada beberapa perizinan yang berada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dilimpahkan ke satu pintu. Hal tersebut sudah kita naikkan nota dinas ke sekretaris daerah dan Bapak bupati juga sudah memberikan dorongan terkait perizinan satu pintu” ucap Putra.

Sebagai mana diketahui bahwa terkait percepatan Perizinan berusaha ini Bupati Mesuji telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) nomor 5 tahun 2017 tentang Satgas Percepatan Berusaha di kabupaten Mesuji yang bertugas memantau seluruh perizinan. Salah satu poin dari SK tersebut adalah upaya pemerintah kabupaten Mesuji untuk menarik sebesar-besarnya investasi tetapi tidak melanggar ketentuan perundang-undangan.

“Pemohon perizinan tidak hanya untuk masyarakat Mesuji, bahkan pemohon bisa dari mana saja bahkan internasional dapat mengajukan permohonan perizinan di kabupaten Mesuji karena pada prinsipnya percepatan berusaha dalam rangka menarik sebesar-besarnya investasi tetapi tidak melanggar ketentuan perundang-undangan” tutup Putrawan.

Eko Sms

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*