Trump: Saya Percaya pada Kim, Dia Ingin Selesaikan Persoalan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dirinya ‘mempercayai’ pemimpin Korea Utara (Korut) setelah keduanya bertemu untuk pertama kali di Singapura. Trump juga mengaku yakin bahwa Kim Jong-Un akan menepati poin-poin dalam pernyataan bersama yang telah mereka tanda tangani.

Dokumen yang ditandatangani Trump dan Kim Jong-Un di akhir pertemuan bersejarah di Singapura, berisi pernyataan bersama dari kedua pihak.

Dalam pernyataan bersama itu, Trump berkomitmen memberikan jaminan keamanan bagi Korut, sedangkan Kim Jong-Un mempertegas komitmen kuat dalam menuntaskan denuklirisasi Semenanjung Korea. Keduanya juga menyepakati pembentukan hubungan baru AS-Korut dan menyepakati perwujudan perdamaian abadi dan kuat di Semenanjung Korea.

Saat ditanya oleh wartawan CNN, Jim Acosta, apakah dirinya mempercayai Kim Jong-Un, Trump menjawab: “Saya percaya.”

“Saya percaya. Saya pikir dia (Kim Jong-Un) ingin menyelesaikan persoalan,” ucap Trump seperti dilansir CNN, Selasa (12/6/2018). Hal ini disampaikan Trump dalam konferensi pers yang digelar usai pertemuan bersejarah dengan Kim Jong-Un.

Lebih lanjut, Trump menyatakan keyakinannya bahwa Kim Jong-Un akan ‘menepati’ isi dokumen yang telah ditandatangani keduanya di akhir pertemuan bersejarah di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura.

“Saya pikir mereka (Korut-red) tidak pernah memiliki keyakinan pada seorang presiden, seperti yang mereka rasakan sekarang ini, untuk menyelesaikan persoalan dan pada kemampuan untuk menyelesaikan persoalan,” ujar Trump.

“Dia (Kim Jong-Un) sangat teguh pada fakta bahwa dia ingin melakukan ini (poin dalam pernyataan bersama) — Saya pikir dia mungkin ingin melakukan ini sama besar atau bahkan lebih besar dibandingkan saya. Mereka (Korut-red) melihat masa depan cerah untuk Korea Utara. Jadi Anda tidak pernah tahu, bukan,” imbuhnya.

Sumber: detik

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*