Uruguay vs Portugal, Godin Wajib Matikan Ronaldo

Uruguay vs Portugal, Godin Wajib Matikan Ronaldo
Jakarta, CNN Indonesia — Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang harus ditakutkan Uruguay saat melawan Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Uruguay punya senjata khusus untuk melakukannya dalam diri Diego Godin.

Duel sengit akan terjadi antara Ronaldo dengan Godin saat Uruguay vs Portugal pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, Minggu (1/7) dini hari WIB. Sebuah duel yang bisa menentukan hasil pertandingan Uruguay vs Portugal.

Ronaldo sudah mencetak empat gol untuk Portugal memasuki babak 16 besar Piala Dunia 2018, sementara Godin sukses memimpin Uruguay tidak kebobolan saat menyapu bersih kemenangan di Grup A.




Jika ada pemain di skuat Uruguay yang akan dipercaya pelatih Oscar Tabarez untuk menghentikan Ronaldo, pemain itu adalah Godin. Bek 32 tahun itu memiliki banyak pengalaman menghadapi Ronaldo di Liga Spanyol bersama Atletico Madrid.

Dikutip dari IOL, Godin dan Ronaldo sudah 27 kali bertemu dalam Derby Madrid di semua kompetisi. Dari 27 pertemuan itu Godin meraih delapan kemenangan, sembilan kali imbang dan sepuluh kali kalah.

Duel Cristiano Ronaldo dengan Diego Godin menarik disimak di babak 16 besar Piala Dunia 2018.Duel Cristiano Ronaldo dengan Diego Godin menarik disimak di babak 16 besar Piala Dunia 2018. (REUTERS/Murad Sezer)

Godin dan Ronaldo pun saling memalukan dalam Derby Madrid. Ronaldo pernah dua kali menciptakan hattrick saat melawan Atletico yang diperkuat Godin. Sebaliknya, Godin sukses membuat Ronaldo tidak mencetak gol sebanyak 13 kali dalam 20 pertemuan terakhir Real Madrid vs Atletico.

Kini pengalaman Godin sangat diharapkan pelatih Uruguay Oscar Tabarez untuk bisa menghentikan Ronaldo. Iran sudah membuktikan pada laga terakhir Grup B ketika Ronaldo berhasil dimatikan pergerakannya, maka Portugal akan kesulitan mencetak gol.

Dengan mematikan pergerakan Ronaldo di pertandingan dini hari nanti maka Uruguay berhasil setidaknya sudah menguras 50 persen kekuatan Portugal. Uruguay tinggal memastikan permainan kolektif Portugal juga tidak berjalan demi bisa mencetak gol.

Diego Godin sukses mengalah pertahanan Uruguay untuk tidak kebobolan di babak penyisihan grup.Diego Godin sukses mengalah pertahanan Uruguay untuk tidak kebobolan di babak penyisihan grup. (REUTERS/Michael Dalder)

Ronaldo merupakan salah satu penyerang paling berbahaya di Piala Dunia 2018 sejauh ini. Striker 33 tahun itu merupakan salah satu pemain yang paling banyak melakukan tembakan ke gawang. Total Ronaldo melakukan 15 tembakan di babak grup, tujuh shot on target, dan empat berbuah gol.

Dengan rataan lima tembakan per pertandingan, Ronaldo hanya kalah dari penyerang timnas Brasil Neymar yang memiliki rataan 5,3 tembakan per laga. Namun, Neymar baru menciptakan satu gol di Piala Dunia 2018. Catatan itu menunjukkan betapa efisiennya Ronaldo di depan gawang lawan.

Godin juga punya statistik luar biasa. Musim lalu Atletico berhasil 34 kali tidak kebobolan dengan Godin berada di lini belakang. Sementara Uruguay sudah tidak kebobolan sepanjang 2018 (enam pertandingan) termasuk tiga pertandingan babak grup Piala Dunia 2018.

Uruguay vs Portugal, Godin Wajib Matikan RonaldoFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen

Duel udara antara Godin dan Ronaldo juga dipastikan akan ketat. Dikutip dari Who Scored, Godin hanya unggul sedikit atas Ronaldo dalam memenangi duel udara di babak grup. Godin memenangi 2,7 duel udara per pertandingan, sedangkan Ronaldo 2,3 per pertandingan.

Sangat penting bagi Godin untuk selalu menutup ruang Ronaldo, selalu melakukan duel jarak dekat, dan tidak bertahan terlalu tinggi melawan CR7. Pasalnya, Ronaldo unggul kecepatan atas Godin.

Dengan Ronaldo lebih banyak beroperasi di sayap kiri Portugal, maka Godin juga akan bahu-membahu dengan Guillermo Varela untuk menghentikan pergerakan mantan pemain Manchester United itu. Sulit untuk menghentikan Ronaldo seorang diri, dengan demikian bantuan Varela sangat diperlukan Godin.

Jika Godin mampu menjalankan tugas spesial mematikan pergerakan Ronaldo maka Uruguay punya peluang yang sangat bagus untuk mengalahkan Portugal dan melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018. (sry)

Facebook Comments

Deteksi Lampung
About Deteksi Lampung 372 Articles
Mencerdaskan dan Mencerahkan Publik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*