Prediksi Kolombia Vs Inggris di Piala Dunia 2018 Malam Nanti

Prediksi Kolombia Vs Inggris di Piala Dunia 2018 Malam Nanti

TEMPO.CO, Jakarta – Inggris akan menghadapi Kolombia pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 Rabu dini hari nanti. Penyerang Harry Kane yang kini memimpin daftar pencetak gol terbanyak akan kembali membuktikan ketajamannya.

Tak ada kabar soal cedera pemain dari kedua kubu menjelang laga ini. Gelandang James Rodriguez yang sebelumnya dikhawatirkan absen telah mendapat lampu hijau dari tim medis Kolombia untuk bermain. Artinya, kedua tim dipastikan akan bermain dengan kekuatan penuh dan pastinya akan menarik karena diisi banyak pemain bintang.

Dari sisi Inggris, Pelatih Gareth Southgate akan kembali mengandalkan Kane yang telah mencetak 5 gol di Piala Dunia 2018. Jika dilihat lebih jauh, peran Kane sebagai seorang penyerang tampak lebih seperti sebuah pengecoh dalam permainan terbuka.

Pasalnya, dari 5 gol yang telah diciptakan Kane, hanya satu yang tercipta melalui permainan terbuka. Itu pun tercipta karena bola pantulan tendangan Ruben Loftus-Cheek. Empat gol Kane lainnya tercipta melalui skema bola-bola mati, dua melalui tendangan pinalti dan dua melalui sepak pojok.

Menilik skema permainan yang diterapkan oleh Southgate, anggapan bahwa Kane sebenarnya hanya berperan sebagai umpan yang harus disambar lini belakang lawan akan jauh lebih jelas. Inggris yang menggunakan skema 3-5-2 sebenarnya memainkan setidaknya empat penyerang untuk menjebol gawang lawan.

Selain Kane dan Sterling, dua penyerang lainnya adalah Dele Alli dan Jesse Lingard. Kedua pemain ini kerap muncul dari lini kedua dengan memanfaatkan ruang yang dibuat oleh Kane. Ya, tugas Kane tampaknya lebih kepada membuka ruang bagi rekan-rekannya yang lain. Dia bertugas menarik pemain belakang lawan agar Lingard dan Alli bebas merangsek ke depan.

Apalagi jika melihat pergerakan Ashley Young dan Kieran Trippier sebagai bek sayap. Keduanya bahkan tak jarang berada sejajar dengan Kane dan Sterling.

Tak heran jika kemudian pemain seperti John Stones telah menciptakan dua gol dan Lingard satu gol bagi Inggris di Piala Dunia 2018. Hal itu tak lepas dari kejelian Gareth Southgate membaca permainan lawan.

Saat menghadapi Panama misalnya, Southgate tahu persis bahwa tim lawan akan berupaya menumpuk pemain di lini belakang dengan Harry Kane dan Raheem Sterling sebagai fokus penjagaan mereka. Karena itu dia menginstruksikan kepada Lingard dan Alli untuk terus maju dari lini kedua.

Hal ini tampaknya telah disadari penuh oleh Kolombia. Pelatih Jose Pekerman disebut akan mengubah skema permainan timnya. Pada babak penyisihan grup Pekerman lebih senang menerapkan pola 4-2-3-1 namun menilik sesi latihan terakhir mereka, laman ESPN menyebutkan bahwa si pelatih telah mencoba pola 4-3-3 dengan menaruh dua gelandang, Carlos Sanchez dan Wilmar Barrios, berdiri di depan empat bek mereka.

Pola ini bisa dipahami sebagai respon dari Pekerman yang ingin agar lini pertahanannya tampil lebih solid namun lini depannya juga tetap tajam kala melakukan serangan balik. Sanchez dan Barrios akan diinstruksikan untuk mengawal pergerakan Lingard dan Alli dari lini tengah sekaligus berupaya merebut bola secepat mungkin. Satu pemain lainnya adalah Juan Quintero yang akan berperan sebagai penyuplai bola ke lini depan.

Pekerman juga disebut ingin agar para pemain depannya lebih rajin membantu melakukan tekanan kepada setiap pemain Inggris yang menguasai bola. Trio Juan Cuadrado, James Rodriguez dan Radamel Falcao dikenal sebagai trio pemain yang memiliki kecepatan dan kemampuan untuk berduel satu lawan satu dengan bek lawan. Karena itu, posisi di lini belakang Inggris akan menjadi tiga melawan tiga.

Pemaksimalan umpan silang dari sepak pojok atau pun tendangan bebas juga akan menjadi hal yang menarik pada laga ini. Kedua tim memiliki kekuatan di sisi ini. Inggris telah mencetak 4 gol melalui sepak pojok, dua diciptakan Harry Kane dua lainnya di ciptakan oleh John Stones.

Kolombia pun tak mau kalah. Mereka memiliki Yerry Mina yang piawai dalam menyambut skema permainan bola mati. Bek klub Barcelona itu juga tecatat telah menciptakan dua gol dari sepak pojok, sama seperti Stones.

Laga seru antara Kolombia vs Inggris ini akan tersaji pada Rabu dini hari pukul 01.00 WIB.

FIFA| ESPN FC

Facebook Comments

Deteksi Lampung
About Deteksi Lampung 372 Articles
Mencerdaskan dan Mencerahkan Publik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*