Dua Gol Dortmund di Ujung Laga Kalahkan Liverpool

Dua Gol Dortmund di Ujung Laga Kalahkan Liverpool
Jakarta, CNN Indonesia — Liverpool menuntaskan laga perdananya di ajang International Champions Cup (ICC) dengan kekalahan 1-3 dari Borussia Dortmund, di Bank of America Stadium, Amerika Serikat, Senin (23/7).

Turun dengan line up yang didominasi para pemain muda, kedua tim bermain degan terbuka. Pada babak pertama, kedua tim berbagi penguasaan bola 50 persen-50 persen. Namun, serangan Dortmund lebih efektif.

Pada menit ke-3, kiper Liverpool Lloris Karius nyaris membuat blunder fatal. Saat itu, ia keluar dari kandangnya untuk menyapu umpan terobosan Dortmund. Sayang, bola hasil sapuannya terlalu rendah dan bisa diambil pemain lawan, Philipp.

Beruntung, tendangannya dari jarak jauh melenceng dari gawang. Bola yang menggelinding tak terlalu kencang ke sisis gawang. Karius hanya berlari-lari kecil mengejarnya.

Karius sendiri lekat dengan citra blunder sejak final Liga Champions 2017/2018 saat melawan Real Madrid. Saat itu, ia memberi dua hadiah kepada El Real.

Karius usai mencetak blunder dalam final Liga Champions, di NSC Olympic Stadium, Kiev, Ukraina, 26 Mei.Karius usai mencetak blunder dalam final Liga Champions, di NSC Olympic Stadium, Kiev, Ukraina, 26 Mei. (
REUTERS/Andrew Boyers)

Pertama, lemparan bolanya yang terlalu dekat kepada Benzema yang membuat pemain Prancis itu leluasa mencetak gol.

Selain itu, Karius tak sempurna membuang bola hasil tendangan Gareth Bale dari luar kotak penalti. Bola yang mengarah ke tengah malah ditepisnya ke dalam gawang.

Kembali ke pertandingan, pada menit 24, Van Dijk menjebol jala Hotz memanfaatkan umpan silang Robertson. Nama terakhir menerima sodoran dari sepak pojok yang dilakukan cepat.

Tak ada penjagaan berarti terhadap pemain internasional Belanda itu. Ia tak kesulitan menanduk umpan matang itu.

Di babak kedua, kedua tim melakukan pergantian sebagian besar pemainnya. Di antaranya, Gotze, Pulisic, masuk di kubu Dortmund, serta Milner, Naby Keita, Sturridge di kubu the Reds. Selain itu, Van Dijk ditarik keluar.

Sementara, Mohamed Salah, yang hanya duduk di bench, terlihat sibuk melayani permintaan tanda tangan dari fan dari tribun atas. Tak ada nama Alisson Becker di bench.


Pergantian-pergantian itu membuat permainan lebih atraktif.

Menit 60, Milner melakukan umpan sepak pojok pendek ke Alberto Moreno. Nama terkahir mengembalikannya kepada MIlner dengan umpan terobosan tajam. Bola kemudian dikirim ke depan gawang dan menemui kepala Solanke.

Sayang, ia menyundul terlalu ke kiri sehingga bola hanya melintas di depan gawang.

Pemain terbaik Liga Primer Inggris 2017/2018 Mohamed Salah tak diturunkan dalam laga di ICC.Pemain terbaik Liga Primer Inggris 2017/2018 Mohamed Salah tak diturunkan dalam laga melawan Dortmund. (
REUTERS/Ueslei Marcelino)

Christian Pulisic kemudian mencoba mencari celah dengan mencoba melewati dua pemain Liverpool di kotak penalti. Ia jatuh setelah menabrak salah satunya. Wasit memberikan penalti.

Pulisic, yang mengeksekusi sendiri penalti itu, mengarahkan tendangannya ke tengah. Sementara, Karius meloncat ke kanan. Gol! 1-1.

Liverpool mencoba mencari gol tambahan. Namun, sejumlah peluang masih emntah di tangan Hotz.

Dortmund kemudian melakukan serangan balik cepat, pada menit 88. Schmelzer menerima umpan terobosan dan menyisir sisi kanan Liverpool. Ia kemudian memberi memberi umpan tarik ke tengah. Pulisic menerimanya.

Sekali mengontrol bola, ia melakukan tendangan mendatar dari luar kotak penalti. Bola meluncur ke pojok kanan gawang tanpa bisa dihentikan dua bek tengah. Karius hanya menjatuhkan badan sekadarnya.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menerima kekalahan di laga perdana ICC.Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menerima kekalahan di laga perdana ICC. (
REUTERS/Andrew Boyers)

Pulisic lagi-lagi menjadi momok pertahanan Liverpool. Di Menit 90+3, pemain muda asal Amerika Serikat ini meliuk-liuk di sisi kiri Liverpool, mengecoh satu bek dengan tipuan gocekannya, lalu melakukan tendangan ke arah gawang dengan kaki kiri.

Karius mampu membloknya. Namun, bola pantulan disambar Brrun Larsen menghasilkan gol ketiga bagi Dortmund. 1-3 menjadi skor akhir.

Pulisic menjadi bintang kemenangan Dortmund.Pulisic menjadi bintang kemenangan Dortmund. (
REUTERS/Wolfgang Rattay)

Susunan pemain:

Liverpool: Karius, Clyne, Van Dijk, Matip, Roberson, Fabinho, Lallana, Camacho, Markovic, Jones, Origi

Dortmund: Hitz, Zagadou, Diallo, Sancho, Sahin, Toljan, Wolf, Dahoud, Philipp, Boadu, Dieckmann.



(arh)

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*