Tahun 2018, Desa Gedung Ram Kuatkan Peran BUMDes

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi salah satu program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) disamping One Vilage One Produk (Satu Desa Satu Produk), Embung Desa dan Sarana Olahraga. Melalui BUMDes, masyarakat di dorong untuk mengelola ekonomi secara otonom.

Atas dasar itulah Pemerintah Desa Gedung Ram, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji pada tahun 2018 ini lebih menitikberatkan pada penguatan BUMDes sebagai penunjang ekonomi desa, demikian disampaikan kepala Desa Gedung Ram Rudi Sofyan kepada awak media deteksi lampung, di sela-sela kesibukannya, 26/7/2018.

Rudi Sofyan, Kepala Desa Gedung Ram

“Pembangunan infrastruktur dan sarana umum sudah hampir selesai kami kerjakan, maka dari itu untuk tahun 2018 ini pemerintah desa Gedung Ram lebih menitikberatkan pada penguatan BUMDes sebagai penunjang ekonomi desa” ucap Rudi Sofyan.

Selanjutnya Rudi Sofyan menambahkan bahwa saat ini sudah ada tiga unit usaha yang dilaksanakan BUMDes Gedung Ram, pertama Unit Usaha Jasa Keuangan kerjasama dengan Bank BNI 46. Dari kerjasama ini BUMDes sudah bisa melayani transaksi beberapa macam jasa pembayaran, tarik tunai dan program menabung untuk masyarakat. Disamping itu BUMDes juga bisa menjadi jembatan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna penambahan modal usaha kecil mikro dan menengah bagi masyarakat Desa Gedung Ram.

Kedua Unit usaha Peternakan, dimana BUMDes Gedung Ram saat ini sudah mempunyai 2 ekor sapi dan 22 ekor kambing yang pengelolaannya diserahkan kepada kelompok masyarakat dengan sistem bagi hasil.

Ketiga Unit Usaha Pengelolaan Pasar Desa Gedung Ram yang saat ini secara teknis sedang dibuat peraturan Kepala Desa berdasarkan keputusan musyawarah desa yang sudah dilaksanakan beberapa saat yang lalu.

Adapun rencana kedepan yang sedang dalam perencanaan, Rudi Sofyan menjelaskan bahwa BUMDes akan membentuk Bank Sampah sebagai pilot project guna mendukung program sanitasi lingkungan pemerintah daerah kabupaten Mesuji dan sekaligus menciptakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Potensi sampah yang tidak tergarap di Desa Gedung Ram sangat besar baik dari lokasi pasar maupun masyarakat langsung. Kalau hal ini tidak segera kita sikapi pastinya akan menimbulkan dampak berupa pencemaran lingkungan. Kedepannya dengan Program Bank Sampah hal itu akan kita selesaikan. Sampah organik bisa kita olah menjadi pupuk dan makanan ternak sedangkan sampah anorganik dapat di daur ulang menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat” tandas Rudi Sofyan.

Diakhir Rudi Sofyan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Mesuji atas kinerjanya yang tak kenal lelah demi kemajuan masyarakat Mesuji.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Bupati Mesuji Bapak Khamami yang tak kenal lelah bekerja bekerja dan bekerja demi kemajuan Kabupaten Mesuji. Tanpa dukungan beliau Desa Gedung Ram pasti belum sepesat ini perkembangannya. Selaku perpanjangan tangan pemerintah daerah kabupaten Mesuji, kami akan berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat desa Gedung Ram” tutup Rudi.

:: ekosms ::

Facebook Comments

Deteksi Lampung
About Deteksi Lampung 375 Articles
Mencerdaskan dan Mencerahkan Publik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*