Dinsos Mesuji akan Rekrut 50 Orang Fasilitator Desa

Deteksilampung.com – MESUJI. Guna mengoptimalkan aplikasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kabupaten Mesuji, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mesuji berencana merekrut sebanyak 50 orang fasilitator desa, demikian disampaiksan sekretaris Dinas Sosial Jabupaten Mesuji Suhaimi di ruang kerjanya, 31/7/2018.

SLRT adalah sistem yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, kemudian menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola oleh pemerintah (Pusat, Provinsi dan Kabupten/Kota) dan non-pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka. SLRT juga membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan, dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik.

Kepada awak media deteksilampung, Suhaimi menyampaikan bahwa dengan SLRT ini diharapkan bisa mengatasi ketidaksinkronan data masyarakat miskin di Kabupaten Mesuji.

Suhaimi, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Mesuji

” Berdasar Basis Data Terpadu (BDT), jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Mesuji 70.000 orang, tapi berdasar PBIJKM Sejumlah 100.000 yang terdiri atas PBIJKM Pusat sebanyak 65.000 orang dan PBIJKM Daerah sebanyaj 35.000. Dari total 65.000 PBIJKM Pusat sendiri sebanyak 23.465 data yang tidak ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan 156 nama ganda sehingga kita kesulitan melakukan identifikasi. Mudah-mudahan dengan SLRT bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dan sekaligus bisa menjadi bank data untuk menangani kemiskinan di kabupaten Mesuji” ucap Suhaimi.

Pria yang sekaligus menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mesuji ini menambahkan bahwa guna menunjang keberhasilan SLRT, dinas sosial Mesuji akan merekrut pendamping dan sekaligus mengadakan bimbingan teknis (bimtek) dengan narasumber langsung dari Kementerian Sosial RI.

” Saat ini kita mempersiapkan rekrutmen calon fasilitator desa sebanyak 50 orang untuk kebutuhan kecamatan Tanjung Raya sebanyak 10 orang, Kecamatan Mesuji 5 orang, Mesuji Timur 10 orang, Way Serdang 10 orang, Rawa Jitu Utara 6 orang, Simpang Pematang 6 orang dan kecamatan Panca Jaya 3 orang. Setelah itu tanggal 29 – 30 agustus 2018 akan dilaksanakan bimtek dengan nara sumber langsung dari Kemensos RI” lanjut Suhaimi.

Kaitannya dengan syarat dan ketentuan untuk mendaftar sebagai fasilitator desa program SLRT, Suhaimi menjelaskan bahwa Dinas Sosial kabupaten Mesuji akan segera mengumumkannya.

“hal hal teknis tentang pendaftaran fasilitator desa, dalam waktu dekat akan kita umumkan. Sebagai gambaran umum, disamping mendapat honor yang telah ditentukan setiap fasilitator nantinya akan dibekali tablet atau smart phone guna mendukung tugas tugasnya” tutup Plt Dinsos Mesuji ini.

:: ekosms ::

Facebook Comments

Deteksi Lampung
About Deteksi Lampung 375 Articles
Mencerdaskan dan Mencerahkan Publik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*