SMA 23 bantah tahan honor siswi yang jadi penari Ratoe Jaroe di Asian Games

Merdeka.com – Wakil Bidang Kesiswaan SMA 23 Jakarta, Edi Susilo membantah telah menahan honor para siswinya yang menjadi penari Ratoh Jaroe saat pembukaan Asian Games 2018 lalu. Edi menegaskan, pihak sekolah baru menerima uang dari pihak Lima Arus selaku Event organizer yang menangani Asian Games pada Selasa (18/9) malam.

“Pihak sekolah itu baru diberitahu ada transferan dari Lima Arus itu semalam. Karena kan kita berhubungannya melalui Lima Arus enggak terlibat langsung ke INASGOC,” kata Edi di SMA 23 Jakarta, Jumat (21/9).

Edi menjelaskan pihak Lima Arus memang telah melakukan kesepakatan dengan para siswi dan pihak sekolah terkait uang yang akan diberikan. Tercatat, SMA 23 mengirimkan 83 siswi menjadi penari Ratoh Jaroe terdiri dari 75 penari inti dan 8 penari cadangan.

“Tapi dalam kesepakatan itu bukanlah uang honor, melainkan uang operasional selama para siswi berlatih menjelang Asian Games. Adapun jumlah yang dijanjikan yakni Rp 200 ribu per penari dalam sekali latihan di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Memang ada perjanjian kita akan dikirim uang selama tiga kali. Tapi tidak ada kata-kata honor, hanya operasional,” ujarnya.

“Jadi uang itu kita gunakan untuk keperluan anak-anak selama latihan, baik itu untuk transportasi, makan dan lain sebagainya,” sambungnya.

Edi melanjutkan, terhitung sejak Mei 2018 total sebanyak 12 kali siswinya berlatih di GBK, ditambah satu kali tampil saat pembukaan Asian Games. Disana lah, uang operasional itu digunakan untuk keperluan transportasi, makan dan snack bagi para siswi.

“Kita 13 kali ke GBK, 12 kali latihan dan 1 kali tampil pas pembukaan. Selama di sana kita semua yang urut keperluan siswi. Buat nyewa bus saja sekitar lima juta keluar, kita kan pakai 2 bus dan itu harus bus yang sesuai standar mereka, enggak bisa bus sembarangan. Belum lagi buat snack dan minum anak-anak. Nah itu semua kita pakai uang operasional,” bebernya. [noe]

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*