Apresiasi Half Gallery, Parsuki, S.H.I Dorong Terbentukya DKMes

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mesuji, Parsuki, S.H.I

MESUJI. Berdirinya Rumah Baca dan  Half Gallery Mesuji yang digagas pelukis Ari Susiwa Manangisi dan penggiat Komunitas Seni Mesuji mendapat apresiasi serius Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mesuji, Parsuki, S.H.I.   Galeri  itu selain sebagai tempat belajar dan mengapresiasi karya seni dan budaya, juga adalah sarana berhimpun bagi para seniman di kabupaten ini.

“Saya kira Ini adalah wujud rasa memilki kawan-kawan seniman terhadap Kabupaten Mesuji yang terus membangun,”  ujar Parsuki, Jum’at (20/03).

Ditambahkan politisi Partai Golkar ini, atas apa yang sudah dilakukan para seniman sejauh ini,  sudah sempantasnya Mesuji memiliki Dewan Kesenian.

“Saya terlibat aktif dalam beberapa kegiatan Komunitas Seni Mesuji terutama terkait diskusi rutin yang kerap digelar di Legend’s Cafe. Dan saya tahu mereka melakukannya secara patungan,”  tambah Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Mesuji lagi.

Membentuk Dewa Kesenian, masih kata Parsuki, sesungguhnya  adalah amanat  Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 5A Tahun 1993. Dan keberadaanya  justeru akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji dalam mengeksplorasi seni dan budaya yang belum tersentuh secara maksimal.

“Dewan Kesenian   sebagai lembaga nonstruktural memang sangat dibutuhkan, karena tugas dan fungsi pemerintah daerah di bidang kesenian dan kebudayaan harus dibantu oleh suatu lembaga independen,” tandasnya.

Ari Susiwa Manangisi

Terpisah, Ari Susiwa Manangisi menyatakan dengan mempertimbangkan himbauan Pemkab untuk tidak berkumpul di keramaian, maka  rencana launching Rumah Baca dan  Half Gallery Mesuji yang seyogyanya akan digelar pada 29 Maret mendatang terpaksa diundur.

“Walaupun peresmian ini tertunda, namun  tanggal 29 maret 2020 tetap tercatat sebagai hari lahir galeri,” ujar seniman lukis yang sudah melanglang ke berbagai negara dan kini tinggal di Tanjungraya ini. (fjr)

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*