WHO: “Jangan Semprotkan Disinfektan ke Manunsia!”

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan untuk tidak menyemprotkan disinfektan langsung ke tubuh manusia. Beberapa kandungan dalam larutan disinfektan itu, menurut WHO, justru menyimpan risiko kesehatan.

“Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut,” tulis akun  resmi WHO Indonesia di Twitter WHO.

Menyemprotkan disinfektan ke tubuh manusia juga tidak bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh.

“Alkohol dan klorin hanya bisa digunakan sebagai disinfektan virus dan bakteri pada permukaan benda. Ini pun, harus  sesuai petunjuk penggunaan yang tertera,” tulis WHO.

Dilansir CNN Indonesia.com, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Laksana Tri Handoko menyatakan, paparan berlebih cairan disinfektan berbahan alkohol maupun klorin pada manusia bisa menyebabkan iritasi pada kulit atau mata. Untuk itu LIPI  tidak merekomendasikan cairan disinfektan disemprotkan ke tubuh manusia.

Hal serupa juga diungkapkan Sekretaris Jenderal Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) Berry Juliandi yang menegaskan bahwa, disinfektan punya dampak jangka panjang bagi kesehatan tubuh manusia.

Alkohol, klorin dan H202 itu sebenarnya karsinogenik dalam jangka panjang jika terhirup ke dalam pernapasan. Jika terkena kulit, mata atau lapisan berlendir lainnya malah mempermudah masuknya kuman ke dalam tubuh,” kata Berry.

(fajarmesaz/net).

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*