Oknum Kades Terlibat Curat, Ketua DPRD Mesuji Buka Suara

Ketua DPRD Kabupaten Mesuji, Hj. Elfianah.

MESUJI. Keterlibatan Bd (38), oknum Kepala Desa (Kades) Tanjung Menang Raya, Kecamatan Mesuji Timur dalam kasus perampokan yang berhasil dibongkar Kepolisian Resort (Polres) Mesuji mengundang reaksi Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Hj. Elfianah, Kamis (16/04).

Melalui rilis yang dikirim pada redaksi Deteksilampung.com, politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu meminta agar para Camat lebih serius dalam  melakukan pembinaan khususnya bagi Kades  yang terindikasi terlibat dalam perjudian dan Narkoba.

“Pada masa pemerintahan sebelumnya,  pernah diwacanakan upaya pemberhentian terhadap Kades yang seperti itu,” tulis  Elfianah. “Namun wacana itu tertahan sebab  para camat berjanji akan mengadakan pembinaan serius,” tambahnya.

Sayangnya, masih kata Elfianah, kondisi yang terjadi hari ini justeru memperlihatkan hal sebaliknya. Dan itu artinya,  pembinaan yang pernah dijanjikan sama sekali tidak berjalan. Padahal pembinaan Camat terhadap Kades  jelas diatur dalam Undang-undang Nomo 6 Tahun 2014  tentang Desa, juga Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 tahun 2018 Tentang Kecamatan.

“Kasus ini sungguh mencoreng nama baik Kades di Mesuji sebab tidak semua Kades berprilaku seperti itu. Kalau Kadesnya begitu, bagaimana rakyatnya?” tandas Ketua Muslimat NU Kabupaten Mesuji itu.

Karenanya, Elfianah berharap Polres Mesuji mau mengembangkan kasus ini hingga ke persoalan yang lebih luas.

“Kalau perlu, tangkap juga para Kades yang terindikasi terlibat dalam penggunaan Narkoba!” tegas Elfianah.

Diketahui,  sehari sebelumnya Tekab 308 Polres Mesuji berhasil membekuk empat pelaku pencurian dengan kekerasan (Curat). Mereka adalah   Pr Alias Og (25), Oknum Kades Bd (38), EN (35) dan  Gn (20).

Untuk mempertangungjawabkan perbuatanya,  keempat pelaku kini diamankan di Mapolres Mesuji bersama sejumlah barang bukti.

Kapolres Mesuji melalui Kasad Reskrim  Iptu Riki Noproyansyah, mengatakan  keempat pelaku ditangkap pada Rabu (15/04) di tempat berbeda.

“Kini  sudah diamankan. Satu di antaranya adalah seorang oknum Kepala Desa,” terang Kasad Reskrim.

Redaksi, Tim.

 

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*