Tim Polres Sudah Dilatih, Dinkes Minggu Depan?

AKBP Alim, SH, S.IK

MESUJI. Ada kejadian miris pada penemuan  mayat Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGK) pada Jumat (08/05). Di samping  tak satu pun warga berani mendekat karena khawatir terjangkit Corona, mayat juga sempat dibiarkan tergeletak berjam-tam karena menunggu Alat Perlindungan Diri (APD) dari Dinas Kesehatan. Sampai akhirnya, Tim Polres Mesuji tiba  untuk menangani.

“Untung anggota kita sudah dilatih,” kata Kapolres Mesuji, AKBP Alim pada Deteksilampung.

Kapolres juga mengatakan,  setelah kejadian itu, ia segera menyampaikan pada  Bupati Saply bahwa, mobil ambulance Puskesmas hanya memiliki 1 (satu) set APD saja.

“Saya minta agar  Dinkes menambah 5 (lima) sampai 10 (sepuluh) APD di setiap mobil Ambulance. Ini penting agar bisa digunakan oleh Tim Terpadu Gugus Tugas Covid-19 jika sewaktu-waktu ada temuan mayat mendadak,”  tambah Alim.

Sementara  Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Kusnandarsah, S.K.M meyakinkan kalau APD dimaksud (saat  kejadian-red) sudah ada di masing-masing pos kesehatan.

“Tadi hanya diminta satu petugas ambulance saja. Karena itu cuma petugas itu saja yang memakai APD,” ucapnya.

Terkait penanganan jenazah pandemi Covid-19, Sunandar mengatakan Tim Khusus baru akan dilatih .

“Pak Kadis sudah memerintahkan pelaksanaan pelatihan minggu depan dengan  menggunakan dana APBD,” tambah dia.

Pelatihan tersebut, masih kata Sunandar,  akan menggandeng Tim Forensik dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek.

Terpisah,  Kepala Bidang Advokasi Badan Advokasi Penyelamat Aset Negara  (BAPAN) Provinsi Lampung,  Iwan M Dahari,  mengaku tak habis pikir dengan lambannya kinerja Dinas Kesehatan  Mesuji.

“Ini konyol,” kata Iwan. “ Pandemi Coovid-19 sudah berjalan sebulan lebih tapi Dinkes bahkan belum memiliki persiapan matang. Apa menunggu sampai mayat bergelimpangan?”

Iwan berharap semua pihak dapat bekerja profesional mengingat  pandemi ini sudah menjadi isu nasional.

“Kita akan pantau kinerja Dinas Kesehatan dan dinas terkait,” tegasnya.

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*