Songsong New Normal, Disporapar Mesuji Petakan Lokasi Wisata

MESUJI. Menyambut normal baru (new normal), Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mulai memetakan potensi wisata di beberapa titik di wilayah Kabupaten Mesuji.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mesuji, Ronal Nasution mengatakan, untuk langkah awal, penjajakan dilakukan di embung Desa Simpangmesuji Kecamatan Simpangpematang yang sebelumnya memang sempat dijadikan lokus pembangunan wisata air dari Dana Alokasi Khusus (DAK) namun terhalang akibat pandemi Covid-19.

“Rencana pembangunan terpaksa tertunda karena dana yang dialokasikan ditarik kembali oleh Kementerian di ambang pendemi Corona beberapa waktu lalu,” ucap Ronal (03/07).

Meski demikian, masih kata Ronal, celah kemungkinan alokasi itu dikembalikan sangat terbuka sebab Kabupaten Mesuji kini masuk dalam zona hijau menuju normal baru.

“Karenanya, kita merasa perlu untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang salah satunya dengan melakukan pemetaan kembali,” terang mantan Camat Mesuji.

Selain di wilayah Kecamatan Simpangpematang, Ronal juga merencanakan akan melakukan pemetaan di beberapa kecamatan lain seperti Tajnungraya, Mesuj dan wayserdang.

“Setelah ini, kita akan petakan potensi embung Desa Bukoposo dan Desa Pancawarna Kecamatan Wayserdang,” terang Ronal.

Ronal berharap, dengan penambahan obyek wisata dari  yang sudah ada saat ini, diharapkan akan mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus menciptakan  peluang kerja bagi masyarakat penyangga obyek.

Laporan/Editor: Fajar

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*