Doodle Art Science & Photography Contest di Masa Covid-19 Dibuka

BANDARLAMPUNG. JawaTimur park1 Science Center, Jawa Timur Park (JTP), Science Center Lampung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, dan Science Center Sumatera Barat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat akan menyelenggarakan Kegiatan Doodle Art Science Contest dan Photography Contest bagi pelajar di wilayah provinsi Jawa Timur, Lampung, dan Sumatera Barat.

Pendaftarannya dibuka secara daring/online dan karya peserta diunggah melalui media sosial dengan tema Me vs Covid-19.

Peserta terdiri dari siswa kelas 4-6 SD bersama orang tuanya.

Doodle Art merupakan teknik membuat gambar dengan cara mencoret dan menggabungkan aneka pola gambar yang terlihat abstrak, namun terlihat unik dan menarik yang dikemas dengan nuansa sains.

Juri akan menilai berdasarkan kesesuaian gambar dengan tema, keunikan ide atau gagasan, komposisi warna yang menarik, serta narasi.

Selain itu, di waktu bersamaan,  diadakan juga Photography Contest untuk siswa SMP. Ini merupakan kegiatan kompetisi dibidang fotografi yang dikemas dalam tema sains yang ada di sekitar kehidupan sehari-hari. Kontes dilakukan dengan mengambil dan mengabadikan fenomena sains melalui kamera pada telepon selular sesuai dengan tema Science Behind Food and Beverages. Untuk mengikuti kegiatan ini, peserta tidak perlu keluar rumah saat mengambil objek foto mereka, namun bisa mengambil objek makanan atau minuman yang sudah tersedia atau dapat ditemukan #di rumah.

Hasil foto dinilai dewan juri berdasarkan kesesuaian foto dengan tema, keunikan ide atau gagasan, narasi yang menjelaskan konsep sains dalam foto, dan teknik fotografi yang menarik.

Berikut jadwal kegiatan Doodle Art Science Contest & Photography Contest masing-masing wilayah:

Jawa Timur,14 – 21 Juli 2020 Pendaftaran di google https://bit.ly/doodleartscjatimpark1. Paling lambat 21 Juli 2020 pukul 12.00 WIB.

Pendaftaran Photography Contest di google form https://bit.ly/photoconscjtp1, 29 Juli 2020. Pemenang akan diumumkan melalui akun Instagram @jatimparksatu

Science Center Sumatera Barat
18 25 Juli 2020. Pendaftaran di google form https://bit.ly/doodleartscsumbar. Paling lambat tanggal 25 Juli 2020 pukul 12.00 WIB

Pendaftaran Photography Contest di google form https://bit.ly/photoconscsumbar, 4 Agustus 2020. Pengumuman Pemenang Doodle Art Science Contest & Photography Contest. Pemenang akan diumumkan melalui akun Instagram @sciencecentersumbar.

Science Center Lampung tanggal 20 – 27 Juli 2020. Pendaftaran di google form https://bit.ly/doodleartsclampung. Paling lambat tanggal 27 Juli pukul 12.00 WIB. Pendaftaran Photography Contest di google form https://bit.ly/photoconsclampung, tangggal 10 Agustus 2020.

Pengumuman Pemenang akan diumumkan melalui akun Instagram @perpusdalampung.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan untuk 6 juara terbaik dan 20 pemenang favorit dari masing-masing kegiatan. Seluruh peserta mendapat sertifikat digital yang akan dikirimkan ke email peserta.

Penyelenggaraan Kegiatan Photography Contest dan Doodle Art Science Contest ini didukung oleh PP-IPTEK, Kemenristek/BRIN selaku Pembina Science Center di Indonesia. PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia selain berperan dalam menginisiasi dan mendirikan Science Center Daerah (SCD) juga melakukan pembinaan dan pendampingan pada pengembangan 27 Science Center di Indonesia yang sudah berdiri, salah satunya dengan melakukan pendampingan pada SCD dalam melakukan berbagai program sains bagi masyarakat sekitar SCD.

Kegiatan Doodle Art Science Contest dan Photography Contest juga akan diselenggarakan di 4 provinsi lainnya bekerja sama dengan SCD di provinsi Jawa Tengah Science Center, Mamuli Science Center Kupang – NTT, Pusat Bahasa dan Iptek Pontianak – Kalimantan Barat, dan Science Center Makassar – Sulawesi Selatan.

Laporan: Rilis,Alfa. Editor: Fajar.

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*