Wawancara Kepala UPTD Taman Kehati Mesuji

MESUJI. Sejak ditetapkan untuk dibuka kembali pada Jum’at (05/09), Waterpark Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Kabupaten Mesuji mulai ramai didatangi  pengunjung. Terkait hal ini, Deteksilampung.com berkesempatan mewawancarai Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Taman Kehati, Rama Dewantara, berkenaan dengan kesiapan UPTD dalam melaksanakan protokol kesehatan. Berikut petikannya:

Apa upaya Taman Kehati terkait protokol kesehatan Covid-19 pasca  dinyatakan kembali dibuka untuk umum?

Sesui rekomendasi Gugus Tugas Covid-19,  setelah peninjauan dan evaluasi persiapan, kita sudah menyediakan fasilitas untuk higenitas bagi para pengunjung seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer juga thermogun. Termasuk melakukan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru bagi para petugas wahana. Bagi para pengunjung, kita menyiapkan setidaknya 14 kran cuci tangan di gerbang masuk, melakukan penyemperotan hand sanitizer sebelum masuk, juga menyebar berbagai spanduk himbauan di semua titik wahana yang akan dikunjungi.

Bagaimana respon pengunjung sejauh ini?

Hingga hari kedua, tercatat sudah ratusan masyarakat yang datang berkunjung. Kita juga terus memantau perkembangan terbaru dan sejauh ini, pengunjung masih berasal dari lokal Kabupaten Mesuji.

Berapa kapasitas maksimal pengunjung yang dimungkinkan?

Maksimal 500 orang atau 30 persen dari total kapasitas. Ini sesuai  ketentuan Gugus Tugas Covid-19 selain tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Bisa dijelaskan terkait wahana dan waktu kunjungan?

Mengenai kunjungan, untuk hari Sabtu dan Minggu semua wahana kita buka. Kecuali hari-hari biasa dari Selasa sampai Jum’at. Di hari-hari itu, kita hanya membuka dua kolam renang dengan masing-masing satu kolam untuk anak-anak dan satu kolam untuk dewasa.

Ada berapa kolam renang yang disediakan?

Untuk kolam totalnya ada lima. Tiga kolam renang bagi anak-anak, dua kolam untuk dewasa.

Selain kolam renang, apa saja wahana yang tersedia?

Wahana yang bisa digunakan dan sering dikunjungi biasanya bebek goes, berkuda, juga kebun binatang mini.

Ada kendala terkait kesiapan dan lainnya sejuah ini?

Alhamdulillah. Semua masih baik-baik saja. Karena itu kita terus melakukan pemantau lebih ketat melalui para petugas untuk mencegah segala hal yang tidak diinginkan. Yang paling penting, terus memastikan pengunjung dan semua  yang terlibat selalu mematuhi anjuran protokol kesehatan. Artinya, silakan berkunjung, tapi tetap patuhi protokol kesehatan.

Pewawancara: Fajar

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*