Terjaring Operasi Yustisia, Pelanggar: “Jadilah Sekali Ini Bae. Sare Tobo.”

MESUJI. Menurunkan tak kurang 30 personil, Kepolisian Resort (Polres) Mesuji menggelar Operati Yustisia dalam rangka Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Kamis  (24/05).

Kasat Sahbara Polres Mesuji, AKP.Zulkarnain, S.H, mengatakan kegiatan ini dilakukan  untuk menegakan Peraturan Bupati (Perbup) Mesuji Nomor 37 tahun 2020 tentang  Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah Pandemi corona.

“Oprasi kita laksanakan di pasar Simpang Pematang dengan melibatkan Koramil 0426 Mesuji, Polisi Pamong Praja,  Sentra Komunikasi (Senkom), Pengamanan Terate (Pamter) Pencaksilat Setia Hati Terate(PSHT),  dan Badan Penanggulamgan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji,”  ujar AKP. Zulkarnain

Masih menurut Kasat Sahbara, selain mengimbau masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan, operasi  juga memberikan hukuman pada para pelanggar berupa teguran tertulis, mengucapkan sila-sila dalam  Pancasila dan push up.

“Penekanan atas operasi ini adalah  meningkatkan pemahaman masyarakat tentang  arti penting menggunakan masker di masa pandemi,” jelas AKP. Zulkarnain.

Di tempat yang sama, Kanit  Binkamsa Sat Binmas Polres Mesuji,  AIPTU. Muharman, menambahkan bahwa beberapa masyarakat pengunjung pasar yang  kedapatan melanggar terpaksa ditindak untuk memberikan efek jera.

“Sanksi kita terapkan secara humanis dan lebih bersifat mendidik,” Kata Muharman. “Bagaimanapun, ini demi kebaikan kita semua.”

Ngatemin  (41), salah satu pengunjung pasar  yang kedapatan melanggar dan dihukum push up mengaku sempat keget atas operasi ini.

“Deg-degan juga, Mas. Polisi banyak sekali,” ucap Ngatemin.

Atas kejadian ini, Ngetemin mangaku akan selalu membawa masker setiap hendak bepergian atau keluar rumah.

“Hukumannya tidak seberapa,  tapi malunya itu. Push up di tengah pasar. Kapok aku, Mas.” ucap Ngatemin.

Hal yang sama juga diungkapkan Samsiah (28) yang mengaku sempat dibuat bingung dan takut.

“Jadilah sekali ini bae, Mang. Iyah.  Sare tobo. Name tobo laju dicatat di kantor pelisi sane. Iyah,” ujar Samsiah.

Laporan/Editor: Fajar.

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*