Koperasi, Kendaraan Petani Mesuji Kelola Hasil Sawah

Kadis Pertanian Mesuji, Pariman, S.P (Foto Pokompim Mesuji)

MESUJI.  Optimalisasi pengelolaan hasil padi di kawasan Mesuji Timur dan Rawajitu Utara akan dilakukan melalui kegiatan  Koperasi Tani Mesuji Agro Lestari.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, S.P,  di sela-sela penyerahan bantuan bibit, benih dan Alsintan bagi para petani  Desa Pangkalmas Mulya dalam rangkaian kegiatan Panen Raya Masa Tanam Gadu pada Jum’at (16/10).

Periman menjelaskan, melalui koperasi tersebut, hasil produksi  beras dari Rice Milling Unit (RMU) dan Rice Milling Plane (RMP) nantinya akan dikelola secara  mandiri untuk memastikan ketersediaan beras Mesuji yang berkualitas.

“Dengan demikian, petani tak perlu lagi menjual  gabah mereka ke luar daerah sebab kebutuhan pangan di Mesuji sebenarnya sudah cukup banyak,” kata Pariman.

Terkait koperasi dimaksud, masih menurut mantan Camat Mesuji Timur ini, semua pengelolaan dan keanggotaannya ditangani langsung oleh petani dan para anggota kelompok tani.

“Dalam hal ini, Dinas Pertanian melalui para petugas penyuluh di lapangan lebih bersifat sebagai pendamping  atas tata kelola dan administrasi,” tambah Pariman.

Dalam acara yang dihadiri Bupati Mesuji, Saply TH dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mesuji, Syamsudin tersebut, secara rinci, disampaikan beberapa  item bantuan antara lain: 3.125 Kg benih padi untuk 125 Ha sawah; 7 unit pompa air; 4 paket obat-obatan ternak; satu unit Power Thraser Multi guna; satu unit alat panen jagung Corn Coller; 30 bungkus benih sawi, bayam dan kangkung;  dan 300 batang bibit terong, tomat dan cabai merah.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Murni; Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD), Sunardi; Kadis Kelautan dan Perikanan, Ir, Yudhi; Kepala Bapeda, Abu Rosid Istomi; Sekretaris Kantor Ketahanan Pangan, Hendra Cipta; Kadis Porapar, Ronal Nasution; Kadis Pekerjaan umum, Ridwan; dan Kasat Pol PP, Widada Prawira.

Laporan/Editor: Fajar 

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*