Infrastruktur dan Batas Desa Jadi Keluhan Serius di RJU

MESUJI. Sejumlah persoalan terkait minimnya infrastruktur kembali mencuat di Kecamatan Rawajitu Utara.

Hal ini terungkap dalam kegiatan reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mesuji Daerah Pemilihan (Dapil) Rawajitu Utara (RJU) pada Kamis (03/11).

Anggota Fraksi PAN DPRD Kabupaten Mesuji Dapil RJU, Nuryadi Hartopo, mengatakan, dari semua keluhan yang muncul di enam desa yang dikunjungi, persoalan minimnya kualitas jalan menjadi keluhan paling dominan.

“Meski Pemkab Mesuji sudah menyiagakan alat berat di lokasi, permasalahan infrastruktur jalan di RJU memang belum tergarap secara tuntas sehingga sering menimbulkan persoalan yang berulang,” kata Hartopo.

Atas hal itu, Hartopo mengaku akan mengkomunikasikannya dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mencari solusi.

Kemudian, masih menurut Hartopo, keluhan lain yang juga terungkap dalam reses itu  adalah prihal sengketa lahan atas beberapa desa transmigrasi.

“Ada klaim terkait batas yang perlu segera dimediasi sebab ini tentang persoalan desa-desa transmigrasi dan Ulayat. Ini juga tak bisa dibiarkan begitu saja,” terang Hartopo.

Penjelasan Hartopo juga diamini Anggota F-PDIP DPRD Mesuji Dapil Rawajitu Utara, Edi Sucipto.

Edi mengatakan kondisi sengketa batas ini harus segera disikapi secara serius terutama oleh Pemkab dan jajaran.

“Oleh karena itu kita akan melaporkan hasil reses ini pada pimpinan DPRD sekaligus meminta pada Ketua DPRD untuk menyurati Bupati Mesuji terkait upaya mediasi.”

Baik Edi Sucipto maupun Hartopo berharap upaya mediasi tersebut akan memininalisir potensi konflik yang saat ini mulai terasa di tingkat masyarakat bawah.

“Sebab jika terus dibiarkan, ini akan berdampak sangat buruk,” tegas Edi Sucipto.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Camat Rawajitu Utara, Samijo, mengatakan sudah melakukan empat kali mediasi terhadap persoalan tanah dimaksud yang juga dihadiri, Kapolsub Sektor Rawajitu Utara serta Danramil Rawajitu Selatan.

“Saat ini, kita sedang menyusun laporan hasil mediasi tersebut untuk secepatnya akan disampaikan kepada Bupati Mesuji,” ujar Samijo.

Laporan/Editor: Fajar Mesaz.

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*